Photobucket

Minggu, 29 Agustus 2010

Bahaya Rokok

Saat ini sekitar 1.1 miliar orang merokok di seluruh dunia. Pada tahun 2025, diperkirakan jumlah ini akan meningkat menjadi lebih dari 1.6 miliar. Indonesia sendiri menduduki peringkat keempat jumlah perokok terbanyak di dunia, yaitu sekitar 141 juta orang dengan sekitar 57 ribu perokok meninggal setiap tahun dan sekitar 500 ribu orang menderita berbagai penyakit akibat rokok.
kalau seseorang merokok, itu berarti dia hanya mengisap asap rokoknya sekitar 15 persen saja, sementara yang 85 persen lainnya dilepaskannya untuk diisap para perokok pasif.

Asap rokok mengandung sekitar 4.000 zat kimia seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO), asam sianida (HCN), amonia (NH4OH), acrolein, acetilen, benzaldehyde, urethane, benzene, methanol, coumarin, etilkatehol-4, dan ortokresol. Selain komponen gas ada komponen padat atau partikel yang terdiri dari nikotin dan tar. Bahan-bahan di ataslah yang menyebabkan terjadinya berbagai macam kelainan dan penyakit. Beberapa penyakit dengan etiologi perokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif, adalah penyakit jantung koroner, penyakit paru-paru kronis, tumor paru, impotensi, dan gangguan sistem reproduksi. Selain itu, salah satu bahaya merokok adalah gangguan kehamilan dan janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar